Revolver - Working In Background"), auto;}

Senin, 11 April 2016

KAITAN FILM AN INCONVENIENT TRUTH DENGAN ILMU SOSIAL DASAR



Film inconvenient truth adalah film documenter yang menceritakan tentang pemanasan global.isu pemanasan global yang semenjak dahulu hingga sekarang masih hangat di perbincangkan. Pemanasan global adalah dimana meningkatnya suhu panas di bumi yang mengkibatkan perubahan iklim dan mencairnya es di kutub utara dan selatan.
Dampak dari pemanasan global sangat besar bagi bumi dan kehidupan yang ada di bumi. Maka dari itu pemanasan global selalu menjadi topik utama di seluruh belahan dunia.
Kaitan film an inconvenient truth dengan mata kuliah ilmu sosial dasar menurut saya dibagi menjadi beberapa faktor.
Faktor masyarakat,faktor ilmu pengetahuan dan teknologi dan faktor budaya
Pertama kita bahas mengenai
a.) Faktor Masyarakat
faktor masyarakat disini sangat berpengaruh dalam terjadinya pemanasan global.perilaku masyarakat saat ini banyak yang mereka lakukan dan berdampak pada pemanasan global.salah satu contohnya adalah kegiatan mereka menebang pohon secara terus menerus tanpa menanamnya kembali dapat menyebabkan kurangnya lapisan oksigen di bumi yang menyebabkan pemanasan global. Salah satu fungsi tumbuhan yaitu menyerap karbondioksida (CO2), yang merupakan salah satu dari gas rumah kaca, dan mengubahnya menjadi oksigen (O2).  

Hutan yang selama ini menjadi pelindung bagi berbagai jenis satwa dari ancaman pemanasan global seharusnya dapat membantu mengurangi pemanasan global .Tapi , dalam kenyataan di lapangan masalah tersebut sangat akut.Di Indonesia sendiri, masalah pembabatan hutan tersebut disebabkan karena pembukaan lahan baru yang bertujuan membuka perkebunan, keinginan memperoleh penghasilan dari penjualan kayu atau hasil hutan yang jika dilakukan secara legal memerlukan biaya yang sangat tinggi.Hal tersebut dipengaruhi karena tingkat kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang masih sangat rendah.
Contoh lainnya adalah penggunaan listrik yang berlebihan di rumah tangga dapat menyebabkan pemanasan global ,makanya sering kita dengar kampanye untuk menghemat penggunaan listrik. Karena listrik yang kita gunakan adalah hasil pembakaran dari pembakaran minyak bumi dan batu bara, dimana hasil pembakaran tersebut menghasilkan karbon dioksida.

b) faktor ilmu pengetahuan dan teknologi
faktor  ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang pesat menyebabkan dampak terhadap pemanasan global. Manusia pada saat ini semakin menginginkan semuanya serba simple dan semakin mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini tanpa memikirkan dampak terhadap kehidupan yang ada di bumi.
Salah satu contohnya adalah penggunaan alat rumah tangga seperti AC dan kulkas dapat menyebabkan pemanasan global. Karena AC dan kulkas terdapat CFC(cloro flour carbon). CFC atau Cloro Flour Carbon adalah bahan kimia yang digabungkan menjadi sebuah bahan untuk memproduksi peralatan,khususnya peralatan rumah tangga deperti AC dan kulkas.


Teknologi yang semakin maju juga berdampak pada industri pabrik. Pembakaran yang terjadi di pabrik dapat menyebabkan pemanasan global. Asap pabrik juga ikut menyumbang terjadinya pemanasan global karena mengeluarkan gas seperti gas karbon dioksida, karbon monoksida, gas metana, dan lainnya. 




Seiring dengan bertambahnya populasi manusia, jumlah kendaraan bermotor juga meningkat. Gas buang kendaraan bermotor adalah gas karbon monoksida yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita jika kita hirup. Selain itu gas tersebut juga mengakibatkan efek rumah kaca.

C)faktor budaya
Faktor budaya juga mempengaruhi terjadinya pemanasan global.budaya masyarakat atau kebiasaan mereka dalam menkonsumsi makanan ,pakaian dan sebagainya untuk memenuhi kebutuhan sehari harinya juga bisa berdampak pada pemanasan global.


Penggunaan bahan plastik dalam konsumsi masyarakat rumah tangga menjadi salah satu masalah dalam pemanasan global.



sumber
https://pustakafisika.wordpress.com/2012/11/24/penyebab-pemanasan-global-dan-akibatnya-bagi-bumi/
http://www.artikelsiana.com/2015/03/pengertian-pemanasan-global-penyebab-dampak-akibat.html#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ABOUT ME

Foto saya
jakarta, jakarta timur, Indonesia
if asked who i am,i don't know maybe you can judge who i am when met later ,see you in the real world